Sunday, September 17, 2017

ANALISIS SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING PRODUK YAKULT

Yakult adalam minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casci Shirota strain yang dapat mencapai usus dalam keadaan hidup. Yakult terdiri dari 2 jenis yaitu yakult original dan yakult acc. Yakult original mengandung lebih dari 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casci Shirota strain sedangkan Yakult acc mengandung lebih dari 30 milyar Lactobacillus casci Shirota strain ditambah dengan kalsium dan vitamin. PT Yakult itu sendiri hanya memiliki satu jenis produk. Selain itu juga, peralatan yang digunakan memiliki fungsi yang khusus dan pesanan serta panduan kerja sedikit karena semua sudah tersandarisasi.

Segmenting 
Secara umum, segmenting atau segmentasi adalah kegiatan membagi suatu kelompok pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi ini memiliki manfaat yaitu penjual dan produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran, penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda. Segmentasi pasar dibagi menjadi 3 yaitu, segmentasi geografis, segmentasi demografis, dan segmentasi psikografis.

Segmentasi Geografis
Segmentasi geografis terbagi atas wilayah, ukuran kota, kepadatan penduduk, iklim, dan keadaan topografis. Produk yakult memfokuskan pemasarannya di daerah kota besar atau kota industri daripada daerah pedesaan dengan alasan konsumen di daerah kota besar ingin mendapatkan produk yang murah, enak dan menyehatkan. 
Segmentasi Demografi
Segmentasi demografis adalah segmentasi yang menyangkut usia, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, agama, ras, kewarganegaraan, pendidikan, dll.  Produk yakult ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan yaitu anak-anak, remaja, ataupun orang tua segala umur dan cocok untuk jenis kelamin laki-laki maupun perempuan karena tentunya dari berbagai kalangan tersebut, mereka masing – masing ingin mencegah berbagai masalah pencernaan dan dengan adanya iklan produk yakult yang sering kita lihat di televisi yaitu bakteri baik di dalam produk yakult dapat menekan bakteri jahat yang berada di dalam usus membuat berbagai kalangan tertarik untuk membeli produk yakult ini. 
Segmentasi Psikografis
Segmentasi psikologis ini mencakup kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, persepsi dan sikap. Produk yakult ini sangat cocok untuk semua kalangan, baik itu kalangan menengah kebawah maupun kalangan menengah kebawah. Hal ini dikarenakan produk yakult ini memliki harga yang  terjangkau dan dengan harga terjangkau tersebut, konsumen sudah mendapatkan kemasan yakult yang higenis dan mudah dibawa kemana saja. 

Targeting 
Targeting adalah upaya untuk menentukan segmen pasar yang akan dilayani kebutuhannya. Target pasar yang baik adalah dapat diidentifikasi, besar pasar mencukupi, stabil, dan dapat dimasuki. Produk Yakult merupakan produk yang menggunakan  pemasaran tidak terdiferensiasi sehingga produk ini tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Yakult memfokuskan pemasarannya ke daerah kota – kota besar dan sekitarnya dengan menargetkan masyarakat yang sadar akan kesehatan. 

Positioning
Positioning adalah cara produk, merek, atau organisasi perusahaan yang dipresepsikan secara relatif dibandingkan dengan para pesaing oleh pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Atau tindakan merancang tawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi yang terbedakan (diantara pesaing) dibenak konsumen sasarannya. Yakult ini memposisikan produknya sebagai satu – satunya minuman susu fermentasi bakteri baik untuk kesehatan usus. Dengan slogan minuman susu fermentasi “Cintai ususmu, minum Yakult setiap hari” yang bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan berhasil secara konsisten menjaga penguasaan pasar dari tahun ke tahun. 


Referensi :
http://blog.ub.ac.id/susanto/2013/04/14/analisis-stp-produk-yakult/
http://myrealblo.blogspot.co.id/2015/12/analisis-strategi-pemasaran-stp-dan.html

No comments:

Post a Comment